Perempuan Berhadapan Dengan Hukum

Selama empat hari, 12 – 15 Agustus 2019, WCC Pasundan Durebang mengadakan pelatihan pendampingan hukum bagi para pendamping korban berbasis gender dari berbagai lembaga – pengada layanan agar memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan pendampingan hukum bagi korban kekerasan berbasis gender.

Pelatihan ini diikuti oleh 24 peserta (22 orang perempuan, 2 orang laki-laki), yang berasal dari GKP, Badan Pengurus Nasional PERUATI, PERUATI Sumba, PERUATI Kalteng, PGI (utusan HKBP dan GBKP), LK3 Banjarmasin, GKPI Kalimantan, GKP, Yayasan Sapa Kab. Bandung, Bale Istri Kab. Bandung, Komunitas Penghayat, Komunitas Syiah, Komunitas Baha’i, Ahmadyah, BCCM-BM (Bassel Christian Church of Malaysia), dan PCS (Presbyterian Church of Sabah- Malaysia).

Selama pelatihan, peserta mendapatkan berbagai materi, baik mengenai pengenalan sembilan bentuk kekerasan, menganalisa kasus kekerasan berbasis gender, memahami Hukum Pidana maupun dalam menyusun kronologi kasus serta bagaimana mendampingi korban ketika melapor ke Kepolisian dan dalam proses persidangan yang sampaikan oleh beberapa konselor WCC Pasundan Durebang dan ibu Asri Vidya Dewi, S.Si, S.H. seorang advokat yang punya kepedulian terhadap korban kekerasan berbasis gender.