Darwita Purba

PERUATI.OR.ID – PERUATI (Persekutuan Perempuan Berpendidikan Teologi di Indonesia) melakukan Pertemuan Regional Peruati SUMUT, bekerjasama dengan GKPS Resort Raya Huluan. Peruati Regional Sumut terdiri dari 6 BPD (Badan Pengurus Daerah) yakni: Tanoh Simalungun, Tanah Karo, Tapanuli, Tanah Niha, Medan dan Pasti Sumut. Acara diadakan tgl. 24-26 Mei 2019 di GKPS Marihat Raya. Peserta yang hadir berjumlah 43 orang. Peserta tinggal di rumah jemaat dan berbaur dengan kehidupan lokal.

Pertemuan diisi dengan ceramah, dibawakan oleh Pdt. Riris Johanna Siagian (Kepemimpinan Perempuan dalam masyarakat Batak), Pdt. Ruth Ketsia (kepemimpinan Feminis) dan Darwita Purba (Tantangan Kepemimpinan Feminis).Di hari pertama, jemaat dilibatkan untuk ikut serta dalam mendengarkan ceramah dan diskusi.

Acara pembukaan diharikan ibadah kontekstual yang menghadirkan simbol-simbol budaya, seperti: bulang, gotong, nita, beras dan telur, kelapa, dsb. Selain itu liturgi juga menghadirkan tarian dan lagu dan tarian serta pembacaan narasi tentang perempuan, dengan mengangkat kisah “Kartini Kendeng” sebagai perempuan bernama yang sering dilupakan.

Selain itu peserta juga melakukan jalan-jalan bersama di seputar wilayah setempat yakni ke Bukit Indah Simarjarunjung (BIS), dan monumen kapal Sinar Bangun, Tiga Ras dan malam harinya 9di hari ke-2) mengadakan malam budaya. Tarian dan nyanyian daerah dihadirkan, semua ikut menari dan bergembidra. Yang menarik, jemaat ikut dilibatkan dalam malam budaya ini, jemaat bersama peserta ikut menari dan bernyanyi bergembira.

keesokannya, hari Minggu, peserta melakukan pelayanan kepada 9 jemaat pada ibadah Minggu. Selain itu peserta juga memberikan pembinaan tentang kisah “Maria dan Marta” sebagai pemimpin perempuan. Dalam ibadah juga dilakukan acara syukur atas Ulang Tahun Peruati ke-24, acara tiup lilin dengan kue ultah adalah “lapet” dan memberikan setangkai bunga pada ibu yang tertua di jemaat, sebagai simbol ibu adalah kehidupan dan Peruati lahir dari rahim ibu.

Semua peserta bergembidra dan dibalik kegembidraan itu ada jemaat GKPS Resort Raya Huluan, dan GKPS Marihat Raya secara khusus yang menopang kegembidraan ini. Sungguh alangkah indah persekutuan saling berbagi dan saling memberi dan menerima satu sama lain. Persekutuan yang feminis adalah persekutuan yang mau berbagi. GKPS dan Peruati sudah saling berbagi dalam pertemuan ini

Selamat Ultah PERUATI ke-24, dan Terimakasih untuk GKPS, khususnya GKPS Resort Raya Huluan…

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *