Ruth Ketsia Wangkai

Bermula dari inisiatif internal PERUATI, yang tergerak melakukan penggalangan dana dan logistik di kalangan anggota-anggotanya sebagai wujud kepedulian terhadap teman-teman dan saudari-saudara kita, yang terdampak bencana dasyat di Palu, Sigi, dan Donggala. Bantuan yang terkumpul, walau seadanya, cukup bagi tindakan tanggap darurat.

Dalam proses gerak bersama ini, wujud konkrit dan empati, PERUATI dihubungi oleh beberapa lembaga kemanusiaan internasional dan kemudian dipercayakan mengelolah proyek emergensi fokus pada penyaluran logistik, pelayanan psiko-sosial, care for care givers, dan pelatihan menejemen kebencanaan.

Terkait dengan pelatihan ini, mulai hari ini dan dua hari ke depan, PERUATI bekerjasama dengan the Johanniter International Assistance mengadakan kegiatan EMERGENCY RESPONSE TRAINING AND SPHERE INTRODUCTION di Bali. Pesertanya terdiri dari wakil-wakil dari Majelis Sinode Harian GPID dan pendeta-pendeta anggota-anggota PERUATI Palu, Poso, Tolitoli, Mamasa, dan Bali, serta utusan dari LSM Inanta. Program ini akan berlangsung dalam dua tahap dengan peserta yang sama, yang difasilitasi oleh tim fasilitator berkualifikasi internasional. Tahap selanjutnya akan diadakan pada bulan Januari 2019, fokus pada topik bahasan DISASTER RISK REDUCTION (Pengurangan Resiko Bencana).

Harapan dari pelatihan ini ialah membekali para peserta dengan pengetahuan dan skill khusus tanggap darurat dan bantuan kemanusiaan yang efektif dan efisien. Karena itu pula, pada akhir program ini, PERUATI akan menerbitkan Buku Panduan Menejemen Kebencanaan untuk melengkapi para peserta menjadi fasilitator-fasilitator di dearahnya masing-masing.

Semoga akan lahir kader-kader PERUATI dan gereja yang potensial, kapabel, dan berkomitmen untuk melakukan aksi mitigasi bencana dan penanganan proyek emergensi, pemulihan, dan bahkan sampai pada tindakan rehabilitasi paska bencana.

#Palukuat_Palubangkit
#PERUATI_gerakbersama_bagi_kerjakerjakemanusiaan

Bali, 29 November 2018
Ruth Wangkai

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *